Senin, 01 Agustus 2011

Strategi Nego Harga Property dengan Developer

Duit pas2..tapi pengen beli rumah??Harga rumah gak terjangkau...kantong sudah pada tipis?? Nah di posting kali ini coba qta share tentang "Strategi Negosiasi Harga dengan Developer." Semua..sebenarnya cara nego developer itu simpel saja. sebab para developer sudah punya patokan yang tidak mungkin mereka langgar dalam menjual barang dagangannya. misalkan anda berminat beli rumah di sebuah developer. harga rumah 500 juta dengan 3 cara pembayaran:
1. KPR, Dp 10%,sisanya KPR , harga discount menjadi 400 juta
2. Tunai keras 1 bulan, harga rumah menjadi 450 juta
3. Inhouse developer (cicilan developer),misal dp 10% sisa 90% dibagi 24 bulan, harga rumah tetap 500 juta.

akan saya jelaskan satu per satu kenapa harga bisa berbeda antara poin 1,2 dan 3. untuk harga rumah dengan DISCOUNT TERBANYAK adalah ketika anda membeli rumah itu dengan KPR, kenapa karena pihak developer mempunyai PRINSIP UTAMA (jangan lupa ya), YAITU: SEMAKIN AWAL TERIMA PELUANSAN DAN MENERIMA UANG TUNAI AKAN SEMAKIN BAIK. artinya dengan KPR dia akan menerima pelunasan dari pihak BANK 100% di depan. yang artinya dia bisa mempunyai dana segar dan resiko gagal bayar dari pembeli telah dialihkan ke bank pemberi KPR oleh karenanya dia berani memberikan diskon BANYAK asal terima UANG TUNAI LEBIH CEPAT.

untuk poin 2 , memang tunai keras 1 bulan dia terima uang cepat juga, tapi sangat jarang ada orang yang membeli rumah tunai keras 1 bulan apalagi rumah masih dalam tahap pembangunan, oleh karena itu bagi dia sama saja manfaatnya dan dia lebih merekomendasikan pembeli ambil KPR di bank ( bisa juga faktor karena ada fee yang akan didapat developer ketika mereferensikan pembelinya untuk mengambil KPR, makanya diskon untuk KPR lebih BESAR daripada tunai keras)

untuk poin ke3, Angsuran inhouse. developer bilangnya sih CICILAN TANPA BUNGA , tapi setelah kita tau skemanya seperti diatas berarti sama saja cicilan inhouse dikenakan bunga sebesar 100 juta dalam waktu 24 bulan(contoh kasus diatas). cicilan ini cocok buat anda yang tidak mau mengangsur lama, dan juga ngga mau repot akan syarat-syarat KPR. anda akan langsung disetujui oleh developer untuk model angsuran inhouse ini. tidak ada proses yang berbelit-belit seperti misalnya minta rekening 3 bulan terakhir, surat ket.gaji, dan tetek bengek lainnya.

Nah dari penjelasan diatas cara nego yang efektif dan untuk mendapatkan potongan harga dari developer adalah anda pake cara TAKE AND GIVE, apa itu TAKE AND GIVE.

pada saat anda menawar rumah di developer jangan pernah BUKA SEMUA KARTU anda, artinya jangan keburu nafsu ingin beli itu rumah (walaupun anda udah cocok dan kebelet ya). Tunjukkan sikap seolah-olah netral dan tidak terburu-buru. misal contoh kasus rmh diatas anda minat dengan angsuran inhouse, maka cara TAKE AND GIVE adalah:

1. Developer minta harga 500 juta, dp 10% , bulan depan sisanya boleh diangsur 24 bulan, maka anda COUNTER penawaran dia , dengan bilan OK saya terima skema penbayaran anda, tapi saya minta DP 10 % dibagi 2 bulan( jadi 5%, bulan ke 2=5% lagi, bulan ke 3 dst, angsur 24X) bisa tidak.

2. Jika dia bilang tidak bisa. anda jangan putus asa, NAIKKAN DP anda menjadi 30% ( ini tergantung dari dana tunai anda ya, misal sanggup naik 15 % ya dicoba saja). dan minta dp 20 % dibagi 2 bulan dan sisanya tetap 24 kali.

3.Kalo masih menolak, anda tanya ke dia bagaimana penawaran terbaik dari developer, katakan anda minat. mreka pasti akan sampaikan best offer mereka pada anda.misal dia berkata OK pak , kami minta maaf 20 % dp dibagi 2 kali belum bisa tapi kalo bapak bisa kasih 20 % dalam 1 bulan, angsuran tidak perlu 24 bulan, bapak bisa angsur 30 kali.

4.Nah, sesuai prinsip UANG TUNAI DI DEPAN TADI. makanya developer mengajukan penawaran itu kepada anda. sekarang semua terserah anda bagaimana TAKE IT or TRY AGAIN! he....he... (kalo saya , saya akan try again sebab pihak developer sudah angkat bicara dan mau luwes).

5. Saya akan tawar (sesuai prinsip TAKE and GIVE) maka saya berkata OK saya terima DP 20% sisa angsuran 30 kali sesuai permintaan anda, tapi saya minta harganya jangan 500 juta. diskon dong.......

biasanya sampai titik ini developer akan bilang. kita udah mepet pak, tadi penawaran terbaik. tapi kalo bapak mau diskon bisa tapi ya itu tadi paling-paling bapak harus tambah uang untuk DP, jadi tidak 20 % dan nanti kami kalkulasi lagi , ketemunya harga berapa.

6.Bilang aja anda TAMBAHIN DP-nya menjadi 30% (asumsi anda punya cukup dana ya untuk DP-nya). anda lihat responnya bagaimana. developer-pun akan TAKE and GIVE terhadap anda, mreka terima DP lebih besar dari anda yaitu 30% maka dia pasti diskon harganya mungkin menjadi 470 Juta(lumayan lah diskon 30 juta lagi kan). nah sekarang terserah anda. dan kalo udah tahap begini terserah anda bagaimana , semua tergantung kondisi keuangan anda. kalo merasa penawaran bagus. deal aja.

jadi anda deal rumah itu dengan angsuran INHOUSE , dp 30%, sisa 70% dibagi menjadi 30 kali, dan harga rumah 470 juta.

ada juga kasus dimana pembeli ingin angsuran yang panjang , maka otomatis DP lebih besar lagi.(HANYA TARIK ULUR SAJA PRINSIPNYA). jika anda . kalo anda mau angsuran yang panjang tetap DP akan menjadi pertimbangan developer sesuai PRINSIP UANG TUNAI DI DEPAN.

Jadi kurang lebih seperti itu nego dengan developer. diatas hanya contoh. akan banyak sekali variasi nego dengan developer, tapi itu semua tergantung anda. yang penting anda ingat: bahwa jika anda INGIN MINTA LEBIH MAKA ANDA HARUS MEMBERI LEBIH. Ingin DISKON BANYAK, UANG TUNAI DI DEPAN LEBIH BANYAK...........


ok, I hope it helps!

1 komentar:

  1. Saya Fatimawati, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu. Tapi qualityloan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email pribadi saya sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus